Halaman

Asma', dan Keberaniannya Membela Agama Allah

Asma' saudara perempuan siti Aisyah adalah salah satu dari kalangan pemudi yang menorehkan peran penting dalam sejarah perjuangan Islam pada masa Rasulullah. Saat nabi berusaha keluar dari Makkah untuk hijrah ke Madinah Nabi dan Shabat Abubakar bersembunyi di gua tsur hingga tiga hari, pada saat itu kaum musrik quraisy terus mencari keberadaan Nabi utuk dibunuh.Saat-saat kondisi genting tersebut Asma' berani mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk menolong Nabi dan Agama Allah. Asma' setiap hari mengantarkan makanan ke gua Tsur untuk rasulullah dan Abu Bakar.

Asma' dalam catatan sejarah mendapatkan julukan "Pemilik Ikat Pinggang", julukan ini diperoleh Asma' setelah Asma' membantu Nabi menyiapkan perbekalan untuk hijrah ke Madinah. Asma' memotong ikat pinggangnya untuk  mengikat kantung perbekalan Nabi Muhammad SAW. Sungguh mulia apa yang telah di lakukan oleh sosok lembut remaja shaabat rasul ini.
Asma' mengajarkan pada kita agar senantiasa mengambil peran
dalam membantu dan memperjuangkan agama Allah,walaupun peran itu seolah-olah kecil atau remeh. Asma' mengajarkan kepada kita agar mendayagunakan semua potensi kita untuk agama Allah.