Halaman

"Ada apa dengan Osama ???", Mari sayang kepada sesama,( bagian 1)

Menebar kasih sayang bagi semua adalah bagian dari misi agama Islam. Islam mendorong umatnya agar memberikan contoh yang baik dalam berinteraksi dengan semesta alam.dalam sebuah hadits  nabi yang di riwayatkan oleh Imam turmudzi yang berbunyi:


الراحمون يرحمهم الرحمن، ارحموا من في الأرض يرحمكم من في السماء"
Artinya :Orang-orang yang yang penuh kasih-sayang akan dikasih-sayangi oleh Allah. Hendaklah kalian semua menyayangi semua yang ada di bumi, agar kalian disayangi oleh para penghuni langit.

Lafald man pada hadits di atas adalah lafald am(umum), oleh sebab itu dalam dalam kitab faid al Qadir Syaikh al harani berkata : di anjurkan untuk menyayangi pada macam-macam binatang ,dan yang paling penting dan mulia  adalah mengasihi orang mukmin dan orang kafir yang ma'shum ( tidak memerangi umat islam).

Untuk menumbuhkan kasih sayang tersebut hendaknya kita berwajah ramah nan ceria, menyapa ramah dengan penuh perhatian,simpati dan empati dan apabila ada yang kekurangan atau tertimpa musibah kita ikut perihatin dan segera memberikan pembelaan dan pertolongan.

Kelembutan hati ini tentunya akan memberikan pantulan kasih sayang antar sesama sehingga akan tercipta suasana harmoni di tengah – tengah masyarakat yang beragam, dalam sebuah pepatah arab di sebutkan :Man yarham yurham, yang artinya barang siapa yang menyangi niscaya akan di sayangi.
sebuah hadits dalam shahih bukhari, nabi bersabda :
إنما يرحم الله من عباده الرحماء…..
Artinya: Hanya sanya Allah merahmati hamba-hambanya yang penyayang

Dari sini sangat jelas bahwa bila kita senantiasa menebarkan kasih sayang niscaya kita akan merengkuh dan menebar rahmat Allah, karena rahmat Allah senantiasa menyertai hamba-hambanya yang penyayang.

Wal hasil dengan kasih sayang dan kelembutan hati kita maka cita-cita Islam rahmatan lil alamin pasti terwujud.